Rio Haryanto Sudah Diterima Membalap di F1, Tinggal Sponsor Saja

Posted by at 8 December, at 13 : 43 PM Print

rioF1

Bintang Masa Depan Bersinar pada Tes Pirelli saat Masa Bakti MR30B Berakhir

Tim F1 Manor Marussia telah menyelesaikan semua program yang telah direncanakan dalam Tes Ban Pirelli di Abu Dhabi, dimana MR30B kembali menegaskan kualitasnya sebagai salah satu mobil yang paling reliabel dalam sejarah F1.

115 putaran yang dicapai hari ini di Sirkuit Yas Marina membawa jumlah jarak tempuh untuk MR03/MR03B pada angka luar biasa 44.798 km. Sasis 2 sendiri, mobil balap milik Will Stevens dan mobil tes hari ini, sudah menyelesaikan jarak tempuh 20.001 km yang mengesankan.

Di balik kemudi hari ini adalah Rio Haryanto asal Indonesia yang berusia 22 tahun serta Development Driver tim musim 2015 yang berusia 21 tahun asal Inggris, Jordan King. Keduanya bertanding di GP2 Series tahun ini dan tim telah memantau kemajuan signifikan mereka di sepanjang musim. Rio menjalankan sesi pagi, menyelesaikan 56 putaran dan mendapatkan waktu putaran tercepat 1:49,593. Jordan, mengemudikan mobil F1 untuk pertama kali dalam karir balapnya, mengambil alih kendali sore ini
dan mencapai 59 putaran, mencatat waktu tercepat 1:49,661 yang mengesankan mengingat ini adalah penampilan pertamanya.
Rio Haryanto #42 “Sudah cukup lama sejak terakhir kali saya menguji coba mobil Formula 1, bersama Manor juga pada tahun 2012. Mobil-mobil sekarang cukup banyak berbeda, terutama sehubungan dengan pengembangan-pengembangan mesin baru, jadi butuh beberapa saat untuk membiasakan diri dengan perubahan-perubahan, khususnya manajemen mesin. Meski demikian, sepanjang sesi pagi berjalan saya selalu memperbaiki catatan waktu dan tanpa masalah saya dapat mengikuti program dengan baik. Tentu ini merupakan tes Pirelli, sehingga program ditentukan oleh kebutuhan mereka, tapi saya senang dengan tugas yang telah saya laksanakan dan sangat bahagia mendapat kesempatan mengemudikan mobil F1 lagi serta menunjukkan apa yang dapat saya lakukan. Saya ingin berterima kasih kepada Manor untuk kesempatan ini dan semua pihak yang terus mendukung saya.”

DETIK-SPORT

DetikSport mendapatkan kabar dari ibu sekaligus manajer Rio, Indah Pennywati, bahwa Manor puas dengan hasil tes Rio. Ia juga menyampaikan bahwa Manor menanti Rio untuk menandatangani kontrak demi menjadi pebalap mereka.

“Rio senang sekali,” ujar Indah via pesan singkatnya.

“Dia dapat surat dari Manor. Isinya, setelah tes F1 kemarin, mereka impressed sama Rio dan minta tanda tangan kontrak dengan Rio,” lanjutnya.

Dalam surat yang ditandatangani oleh owner Manor, Stephen Fitzpatrick, tim asal Inggris itu menilai bahwa Rio amat mumpuni untuk membalap dengan mobil Formula 1.

“Teknisi tim telah melaporkan kepada saya bahwa Anda sangat mampu untuk membalap di Formula 1. Kecepatan dan sikap Anda telah membuat banyak orang terkesan dan kami berharap, kami bisa menandatangani kontrak dengan Anda pekan depan,” demikian pernyataan Fitzpatrick.

Tahun depan, Manor bakal menggunakan mesin yang digunakan Mercedes ketika menjadi juara dunia konstruktor musim ini, plus mengantarkan Lewis Hamilton menjadi juara dunia pebalap. Mereka berharap bisa melihat Rio menjadi pebalap mereka tahun depan.

“Saya harap, kami bisa melihat Anda menjadi pebalap Manor pada awal musim Formula 1 2016 dan membuat sejarah untuk Indonesia,” lanjut Fitzpatrick.

Kini, persoalan Rio tinggal soal dana. Menurut Indah, Rio masih kekurangan dana sponsor hingga 10 juta euro (sekitar Rp 150 miliar). Sejauh ini, baru Pertamina yang memberikan dana sponsor.

“Kami berharap, pemerintah atau BUMN dapat memberikan support. Yang baru konfirmasi ‘kan Pertamina. Jadi, ya, masih kurang 10 juta euro,” kata Indah

Share Button

Blog

Comments are closed.